01 Desember 2007

RUMUSAN SEMINAR NASIONAL RASIONALISASI PENGURUSAN HUTAN INDONESIA

RUMUSAN FINAL SEMINAR NASIONAL
RASIONALISASI PENGURUSAN HUTAN INDONESIA
Implementasi Jangka Benah Hutan Indonesia 2045


Memperhatikan pidato dies natalis yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Hasanu Simon, serta paparan Dr. Ir. Sofyan P. Warsito dan Dr. Ir. San Afri Awang dan masukan dari sidang paralel yang terbagi menjadi 4 klater, maka diperoleh rumusan sebagai berikut:
  1. Dalam rangka mewujudkan pengurusan hutan nasional menuju hutan lestari dan masyarakat sejahtera, maka diharuskan pembentukan KPH.
  2. KPH sebagai strategi utama pengukuhan kawasan hutan menjadi kawasan hutan permanen, yang pembentukannya didasarkan pada kesatuan DAS dan atau ekosistem.
  3. Kelembagaan KPH harus sesuai dengan dinamika sistem pemerintahan, dengan kerangka pendekatan tata kelola pemerintahan yang baik dengan melibatkan pemerintah Propinsi, Pemerintah kabupaten/Kota, dan Departemen lain, serta institusi masyarakat terkait.
  4. KPH diarahkan menjadi Badan Usaha Kehutanan yang dapat mendanai secara langsung program dan kegiatannya dari hasil usahanya.
  5. Perlu dipikirkan skim badan usaha KPH dalam bentuk Hak Guna Usaha kehutanan (HGUK).
  6. Pembentukan KPH perlu segera dideklarasikan secara nasional oleh Menteri kehutanan paling lambat akhir tahun 2008.
  7. Sebagai konsekuensinya, maka KPH harus segera diisi dengan personil rimbawan profesional yang didukung dengan alokasi pendanaan yang cukup untuk menjalankan program dan kegiatan KPH.
  8. Civitas Fakultas kehutanan UGM dan seluruh alumni mendukung dan siap mensukseskan program pembangunan KPH.
  9. Sebagai wujud dukungan kebijakan “Pro Poor”, maka diusulkan agar pemerintah mengalokasikan 15% dari wilayah hutan Indonesia untuk skim pemberdayaan masyarakat.
  10. Seluruh aktivitas pengelolaan dalam kawasan hutan termasuk didalamnya HTR, HKm, Hutan Adat dan lainnya berada dalam wilayah pemangkuan KPH.

Yogyakarta, 18 November 2007

Ditandatangani Oleh,
1. Ketua KAGAMAHUT (Dr. Ir. Tachrir Fathoni, M.Sc.)
2. Ketua Panitia Dies dan Reuni (Dr. Ir. San Afri Awang, M.Sc.)
3. Dekan Fak. Kehutanan UGM (Prof. Dr. Ir. Moch. Na’iem, M.Agr. Sc.)

Tidak ada komentar: